PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI, KEPUASAN KERJA DAN MORALITAS MANAJEMEN TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN AKUNTANSI (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA KEBERSIHAN PT. KJC)

  • Ni Made Dwita Sari Universitas Pancasila
  • Sofyan Bantasyam Universitas Pancasila
  • Ameilia Damayanti Universitas Pancasila
Keywords: Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, Kepuasan Kerja, Moralitas Manajemen, Pencegahan Kecurangan Akuntansi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh: 1) Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi; 2) Ketaatan Aturan Akuntansi terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi; 3) Kepuasan Kerja terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi; 4) Moralitas Manajemen terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi. Penelitian merupakan penelitian kausal komparatif dengan teknik kuesioner sebagai pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah 75 karyawan pada divisi Finance, Accounting, dan Tax di kantor PT. KJC. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Ketaatan Atutan Akuntansi terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi; 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Kepuasan Kerja terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi; 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Moralitas Manajemen terhadap Pencegahan Kecurangan Akuntansi.

Published
2021-03-02
Section
Articles