PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP FIRM PERFORMANCE (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018)

  • Dimas Wardianto universitas pancasila
  • Lailah Fujianti
  • Indah Masri
Keywords: Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), Debt to Equity, Kinerja Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual dan financial leverage terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan beberapa variabel kontrol yang diidentifikasi sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan, seperti Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Stuctural Capital Value Added (STVA), dan Debt to Equity. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan 37 perusahaan yang akan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan model regresi linier berganda. Uji signifikansi simultan (uji F) dan uji signifikansi parsial (uji t) dengan a = 5% digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil uji F menunjukkan bahwa Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), dan Debt to Equity berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Hasil uji t menunjukkan bahwa Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA) tidak berpengaruh signifikan. Debt to Equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Published
2020-11-30
Section
Articles