Pergeseran Model Bisnis Media dan Etika Media: Era Integrasi Informasi, Redaksi, Teknologi, dan Proses Jurnalistik

  • Alfito Deannova Ginting Universitas Pancasila
  • Anna Agustina Universitas Pancasila
  • Dwi Salfiani Universitas Pancasila
  • Fidel Muhamad Isra Universitas Pancasila
Keywords: Model bisnis, Etika Media, Integrasi informasi, Jurnalistik, Organisasi media

Abstract

Teknologi dan implikasi penggunaan teknologi yang mengubah struktur vertikal menjadi horisontal membuat konsep jurnalisme menjadi problematik dalam banyak sisi. Model bisnis organisasi media yang dilihat dari konsep manajemen media dalam memproduksi berita dan etika jurnalistik adalah dua topik yang selalu menjadi diskusi. Artikel ini mendeskripsikan kedua topik tersebut berdasarkan rujukan konsep manajemen media massa dan elemen jurnalisme serta etika jurnalisme dalam UU Pokok Pers Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara informan dan analisis dokumen yang berkembang tentang kedua topik tersebut. Hasil analisis dari kedua data yang telah dirangkum menunjukkan bahwa model bisnis media yang ada saat ini bergeser dari yang hanya fokus pada pelaporan data menjadi informasi, meluas menjadi bisnis yang mengelola data dan informasi dari lini produksi, distribusi, transmisi, dan publikasi.

Published
2020-09-30
How to Cite
Ginting, A. D., Agustina, A., Salfiani, D., & Isra, F. M. (2020). Pergeseran Model Bisnis Media dan Etika Media: Era Integrasi Informasi, Redaksi, Teknologi, dan Proses Jurnalistik . CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(1), 12-18. Retrieved from http://ujijurnal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/1726
Section
Articles