Upaya Pencegahan dan Penanganan Kredit Macet Ditinjau dari Persepsi Nasabah

DOI: https://doi.org/10.35838/jrap.2020.007.02.16
Abstract views: 151 | PDF downloads: 189
Keywords: non perfoming loan, customer perception, behavioral accounting

Abstract

ABSTRACT

       This research aims to minimize or avoid nonperforming loan problems by knowing the perspective side of the customer which the bank does not know. The type of research used is a qualitative approach. Data collection techniques through interviews and observations. The findings of the study show that (1) In the procedure for granting credit, there are requirements if a customer who wishes to apply for a loan also includes collateral and a mutation in the customer’s savings account balance. (2) Loans given by Banks, especially the type of KUR (People’s Business Credit) are primarily intended for people who wish to establish or de-velop their businesses, however some of the funds are used for personal purposes and also deposit loan funds at the Bank. (3) According to customer perceptions, the factors causing nonperforming loan are mainly due to business failure, coupled with the Covid-19 pandemic. (4) Preventive measures that can be taken are conducting customer business surveys by focusing on opportunities for customer to earn income or paying attention to the customer’s business chan. Handling measures that can be taken are by means of credit restructuring or credit extension by the bank.

ABSTRAK

        Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir atau menghindari masalah kredit macet dengan mengetahui sisi presepktif dari nasabah yang tidak diketahui oleh bank. Jenis penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa (1) Dalam prosedur pemberian kredit terdapat persyaratan jika nasabah yang hendak mengajukan pinjaman juga menyertakan agunan dan mutasi saldo rekening tabungan nasabah. (2) Pinjaman yang diberikan bank khususnya jenis KUR (Kredit Usaha Rakyat) utamanya diperuntukan bagi masyarakat yang hendak mendirikan atau mengembangkan usahanya , namun ada sebagian dana yang digunakan untuk kepeluan pribadi dan juga mendepositokan dana pinjaman di bank. (3) Menurut persepsi nasabah faktor penyebab kredit macet utamanya karena kegagalan bisnis ditambah lagi dengan adanya pandemi covid-19. (4) Upaya pencegahannya yaitu melakukan survei usaha nasabah dengan berfokus pada peluang nasabah dalam memperoleh pendapatan atau memperhatikan rantai bisnis nasabah. Upaya penanganannya yaitu dengan cara rekstrukturisasi kredit atau perpanjangan masa kredit yang dilakukan oleh pihak bank. 

JEL Classification : E51, E59

 

References

Afriana, A. (2017). Analisis Implementasi 6C Terhadap Kelancaran Pengembalian Kredit. The 1st SENMAKOBIS, 1(1), 112–120.
Anasthasia, D. D., Darmawan, N. A. S., & Werastuti, D. N. S. (2015). Analisis Sistem Pengendalian Intern dalam Pemberian Kredit Mikro Pada PT . Bank Rakyat Indonesia ( Persero ), Tbk Unit Banyuasri. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/4808
Azisri, Y. Z. (2017). Pencegahan dan Penananganan Masalah Kredit Macet bagi Nasabah Perbankan di Kampung Sidomulyo Kabupaten Merauke. Jurnal Al-Qadau: Peradilan dan Hukum Keluarga Islam, 4(2), 345–356. https://doi.org/10.24252/al-qadau.v4i2.5689
Departemen Komuniksasi. (2019). Survei Perbankan Triwulan III 2019.
Fahmi, I. (2014). Manajemen Perkreditan. Bandung: Alfabeta
Febrinastri, F. (2020). BRI Bantu Rekstrukturisasi Kredit Usaha Rakyat Pedagang Pasar Purwokerto.
Hasibuan, M. S. P. (2011). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara
Hohedu, T. R., & Dewi, A. R. (2019). Penanganan Kredit Macet Pada BRI Cabang X. 1(1), 34–43.
Hutauruk, D. M. (2019). Kredit Bermasalah Perbankan Meningkat di Awal Tahun. Keuangan. Retrieved from https://keuangan.kontan.co.id/news/kredit-bermasalah-perbankan-meningkat-di-awal-tahun
Ismail. (2010). Akuntansi Bank Teori dan Aplikasi Dalam Rupiah. Jakarta: Kencana
Mahadi, T. (2019). Bank BRI Dapat Plafon KUR Rp 120,2 Triliun Pada Tahun 2020 nanti. Retrieved from https://keuangan.kontan.co.id/news/bank-bri-dapat-plafon-kur-rp-1202-triliun-pada-tahun-2020-nanti
Manullang. (2013). Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Indeks
Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Nawangsari, Y., & Putra, I. S. (2016). Analisis Sistem Pengendalian Intern Pemberian Kredit Dalam Menurunkan Tingkat Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam Kharisma Mitra Karya. Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi, 8(1), 67–80.
Otoritas Jasa Keuangan. (2019) Laporan Publikasi Bulanan Neraca.
Pato, S. (2013). Analisis Pemberian Kredit Mikro pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rahmawati, A., Saifi, M., & Hidayat, R. (2016). Analisis Keputusan Pemberian Kredit dalam Langkah Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi kasus pada Kredit Umum PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk unit Slawi 1, Kab Tegal Jawa tengah). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 35(1), 179–186.
Sabri. (2016). Analisis Persepsi Nasabah Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kredit Macet Pt Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Padang Tarab Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Jurnal Ekonomi, XX(2).
Papalangi, R. S. (2013). Penerapan SPI Dalam Menunjang Efektivitas Pemberian Kredit UKM Pada PT. BRI (Persero) Tbk Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 1212–1220
Prasadhana, D. D., Sulindawati, N. L. G. E., & Sinarwati, N. K. (2017). Analisis Sistem Pengajuan Kredit Dalam Implementasi Pengendalian Internal Dalam Pemberian Kredit Mikro Usaha Kecil Menengah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), TBK Unit Banyuatis. E-JournalS1 Ak, 7(1), 1–12
Pemerintah Republik Indonesia (1998). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. , (1998).
Putra, N. S., Widarsono, A., & Nasim, A. (2017). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal Untuk Mencegah Kredit Macet Pembiayaan Musyarakah Modal Kerja Yang Diberikan Oleh Bank. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 5(2), 1. https://doi.org/10.17509/jaset.v5i2.9094
Wiratmini, N. P. E. (2020). Halo Nasabah, Begini Cara Minta Keringanan Kredit di Bank BRI. Retrieved from https://finansial.bisnis.com/read/20200430/90/1234848/halo-nasabah-begini-cara-minta-keringanan-kredit-di-bank-bri .
Yuliana, E. W., & Widianti, H. (2014). Sistem Pemberian Kredit Pada Unit Simpan Pinjam KUD Karya Mina Kota Tegal. Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal, 3(1). http://dx.doi.org/10.30591/monex.v3i1.171
Published
2020-12-29
How to Cite
Putri, E. A. A., Nuraina, E., & Yusdita, E. E. (2020). Upaya Pencegahan dan Penanganan Kredit Macet Ditinjau dari Persepsi Nasabah. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 7(02), 185-196. https://doi.org/10.35838/jrap.2020.007.02.16
Section
Articles