KONSEP THE CITY BRAND HEXAGON PADA KOTA AMBON SEBAGAI IDENTITAS KOTA MUSIK

THE CITY BRAND HEXAGON IN AMBON CITY AS THE IDENTITY OF THE CITY OF MUSIC

  • Neldy Lesilolo Universitas Bunda Mulia
  • Rustono Farady Marta Universitas Bunda Mulia
DOI: https://doi.org/10.35814/tourism.v8i2.1587
Abstract views: 179 | pdf downloads: 142
Keywords: Ambon, Baronda.id, City brand, digital tourism, Marketing

Abstract

Kota Ambon terletak di provinsi Maluku sebesar 359,45 km2 luas daratan dan dikelilingi oleh perairan dengan pulau berbentuk huruf u terbalik. Beragamnya pariwisata Kota Ambon yang dikenal sebagai wisata bahari, budaya, dan sejarah. Musik menjadi salah satu branding kota Ambon “Ambon City of Music”. Kota Ambon melahirkan beberapa musisi legendaris di Indonesia maupun internasional dengan karyanya masing – masing. Komunitas pemuda di Kota Ambon dengan nama Baronda Ambon yang sekarang berganti nama Baronda.id memperkenalkan pariwisata kota Ambon kepada pengguna Instagram dan melalui website. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola komunitas Baronda.id memperkenalkan dan mempromosikan kota Ambon melalui upaya branding Ambon City of Music melalui media sosial Instagram. Penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus dengan sifat penelitian secara deskriptif dan menganalisis menggunakan model the city brand hexagon oleh Simon Anholt. Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon mendukung dan merealisasikan kota Ambon sebagai kota Musik

References

Jurnal
Bawanti, Ari, Alumni Sekolah, Tinggi Pariwisata, and Ampta Yogyakarta. 2016. “ANALISIS CITY BRANDING DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KABUPATEN JAYAPURA.” Jurnal Media Wisata 14(1).
Hardhiyanti, Yunike and Udung Noor Rasyid. 2017. “KOMUNIKASI BISNIS BERBASIS ETIKA LINGKUNGAN SEBAGAI CSR THE BODY SHOP INDONESIA (Studi Kasus: Kampanye #Pay4Plastic).” Bricolage 3(2):110.
Intyaswono, Stephen, Edy Yulianto Mukhammad, and Kholid Mawardi. 2016. “PERAN STRATEGI CITY BRANDING KOTA BATU DALAM TREND PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Batu).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 30(1):65–73.
IVANI, SITI ZUMROH NUR. 2015. “Pengaruh City Branding " Enjoy Jakarta " Terhadap Citra Kota Dan Keputusan Berkunjung Youth Traveler Ke Jakarta Jurusan Manajemen.” Manajemen, Jurusan Ekonomi, Fakultas Bisnis, D A N Syarif, U I N Jakarta, Hidayatullah (1):1–140.
Kwelju, Junus. 2019. “Peran Kebijakan Publik Dalam Meningkatkan Daya Saing Pariwisata Di Kota Ambon Provinsi Maluku.” Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik 01(01):58.
Laisila, Juliet. 2017. “BAB IV MENGGUGAT FUNGSI GONG PERDAMAIAN DUNIA.” Universitas Kristen Satya Wacana.
Mufli, Muhammad and Andriani Kusumawati. 2018. “Analisis Relevansi City Branding ‘ Beautiful Malang ’ Melalui Pendekatan City Brand Index Dan City Brand Personality.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 61(4):61–70.
Pristiwani, Tanita, Sari Pattiasina, Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen, and Petra Surabaya. 2017. “Representasi Budaya Maluku Dalam Film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku.” E-Komunikasi 6(1).
Purwianti, Lily, Yulianty Ratna, and Dwi Lukito. 2014. “ANALISIS PENGARUH CITY BRANDING KOTA BATAM TERHADAP BRAND ATTITUDE (Studi Kasus Pada Stakeholder Di Kota Batam).” Jurnal Manajemen 14(1).
Rosalisa, Siska, Adhi Gunadi, and Meizar Rusli. 2015. “STRATEGI PEMASARAN KAWASAN PECINAN SURYAKENCANA BOGOR SEBAGAI DESTINASI WISATA BUDAYA.” Journal of Tourism Destination and Attraction III(Juni):2339–1987.
Salampessy, Haris, Imam Suroso, and Deasy Wulandari. 2015. “PENGARUH CITY BRANDING TERHADAP CITY IMAGE, CUSTOMER SATISFACTION, DAN CUSTOMER LOYALTY DI KOTA AMBON.” Bisma 9(2):145–59.
Septiana, Ika, Puspita Sari, Edriana Pangestuti, Supriono Fakultas, and Ilmu Administrasi. 2019. “ANALISIS DAMPAK CITY BRANDING TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN KE KABUPATEN BANYUWANGI (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol 72(1).
Thomas, Frans. 2015. “Pendidikan Nilai Dalam Tradisi Pela (Kajian Etnografis Masyarakat Ambon).” Jurnal Pendidikan Humaniora 3(2):122–33.
Triandana, Danny, Wiwaha Johannes, and Udung Noor Rasyid. 2017. “KOMUNIKASI BISNIS PADA ETNIS TIONGHOA STUDI KASUS DI WARUNG KOPI ASIANG, KOTA PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT.” Bricolage 3(2):126.

Internet
Surat Kabar Fokus Maluku. 2019. Kunjungan Wisatawan Ke Maluku Terus Meningkat. Maluku. https://fokusmaluku.com [25 Febuary 2020]
Baronda.id. 2017. About. https://baronda.id [25 Febuary 2020]
Antara News. 2016. Baronda Ambon Promosi Wisata Maluku Melalui Medsos. https://ambon.antaranews.com [25 Febuary 2020]
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Kota Ambon Ditetapkan Sebagai Kota Music Dunia ole UNESCO. https://www.kemdikbud.go.id [3 Mare
Published
2020-12-28
How to Cite
Lesilolo, N., & Marta, R. F. (2020). KONSEP THE CITY BRAND HEXAGON PADA KOTA AMBON SEBAGAI IDENTITAS KOTA MUSIK. Journal of Tourism Destination and Attraction , 8(2), 107-114. https://doi.org/10.35814/tourism.v8i2.1587